Ciptakan Suasana Interior Rumah Yang Nyaman Dengan Kombinasi Warna Ini!

Ciptakan Suasana Interior Rumah Yang Nyaman Dengan Kombinasi Warna Ini!

Salah satu fungsi warna adalah menciptakan suasana. Warna yang berbeda akan menciptakan suasana yang berbeda pula. Oleh karena itu, sangat penting memilih warna cat rumah yang tepat sebagai warna interior. Apabila warna yang digunakan tidak sesuai dengan fungsinya, suasana yang dihadapi setiap hari pun akan terasa kurang menyenangkan.

Ada beberapa warna tertentu yang mampu menciptakan kesan menyenangkan dan santai, ada pula yang terkesan tenang dan dingin. Nah, untuk mendapatkan suasana yang diinginkan sekaligus bisa mempercantik tampilan interior rumah Anda, aplikasikanlah warna-warna khusus pada ruangan-ruangan berikut ini.

  1. Ruang Tamu

Inspirasi-warna-ruang-tamu-agar-memberi-kesan-teduh-dan-nyaman

Ruang tamu adalah area yang bersifat terbuka. Di tempat ini terjadi interaksi antara penghuni rumah dengan orang lain. Biasanya, aktivitas yang dilakukan di ruang tamu adalah mengobrol sambil bersantai. Untuk itu, suasana hangat dan akrab sangat dibutuhkan di area ini.

Warna-warna yang cocok diterapkan di ruang tamu adalah peach, coral, coklat, atau kuning muda. Pilihan warna ini bisa digunakan pada ruang tamu yang berukuran luas untuk menciptakan kesan teduh. Sementara itu, warna putih bisa digunakan pada ruang tamu yang berkonsep minimalis. Tujuannya untuk membuat ruangan terlihat lebih lega.

Jangan lupa, sesuaikan warna dinding dengan warna sofa sehingga terlihat lebih serasi. Untuk ruangan dengan warna dinding yang polos, tampilan hiasan tertentu yang memiliki warna mencolok dianjukan. Namun, pastikan saja jumlahnya tidak terlalu banyak.

Jika Anda adalah tipe orang yang lebih energik, memilih warna-warna yang ceria dan cerah, seperti merah, juga diperbolehkan. Ini akan menciptakan kesan lincah dan meriah sesuai dengan kepribadian Anda.

Tips:

Kombinasi warna yang tepat akan membuat suasana di ruang tamu menjadi lebih nyaman. Jangan aplikasikan terlalu banyak warna pada satu ruangan karena akan menimbulkan kesan terlalu ramai.

  1. Ruang Keluarga

Inspirasi-Warna-Dinding-Ruangan-Keluarga

Ruang keluarga bisa dianggap sebagai jantung pada sebuah rumah. Di sinilah biasanya anggota keluarga berkumpul pada waktu-waktu santai. Membuat ruangan ini senyaman mungkin adalah hal yang wajib dilakukan. Bukan hanya dengan penempatan furnitur yang tepat, tetapi juga dengan mengaplikasikan kombinasi warna yang serasi.

Terlepas dari tema interior rumah yang digunakan pada ruang keluarga, beberapa warna yang cocok diaplikasikan pada ruang keluarga adalah warna putih, abu-abu, hijau apel, atau biru langit. Untuk kombinasi, Anda bisa memadukan warna putih dengan hijau atau putih dengan biru.

Untuk kesan yang lebih ceria dan hangat, Anda juga bisa menggunakan warna-warna yang lebih terang seperti oranye atau merah. Hanya saja, perhatikan warna berbagai furnitur yang ada di ruangan ini. Akan lebih baik jika tidak terlalu mencolok.

Tips:

Ruang keluarga adalah tempat untuk melakukan apa saja. Oleh karena itu, ruang ini sebenarnya bebas didesain sesuai selera penghuni rumah. Jadi, jangan lupa untuk menyepakati bersama warna ruangan maupun tema yang sebaiknya digunakan pada ruang keluarga Anda. Dengan demikian, seluruh penghuni rumah akan merasa nyaman beraktivitas di area ini.

  1. Ruang Makan

Inspirasi-warna-dinding-ruang-makan

Nah, area lain yang juga tidak kalah penting dalam sebuah rumah adalah ruang makan. Di sini, anggota keluarga biasanya berkumpul untuk makan sembari melakukan aneka aktivitas santai lainnya, seperti mengobrol. Ruangan ini harus didesain senyaman mungkin agar acara makan pun bisa berlangsung dengan baik.

Menurut penelitian, warna dinding ruang makan ternyata sangat berpengaruh pada nafsu makan seseorang. Nah, warna yang cocok untuk ruang makan biasanya adalah warna-warna yang agak cerah. Alih-alih menggunakan warna biru, pilihlah warna merah yang dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan nafsu makan.

Warna hijau juga lebih baik daripada warna abu-abu karena hijau melambangkan kesan yang alami dan sehat. Ini akan mendorong kita untuk mempraktikkan gaya hidup sehat, termasuk saat makan. Selain itu, kuning dan oranye juga bisa diaplikasikan.

Tips:

Sebaiknya, hindari warna putih atau hitam pada ruang makan. Secara tidak langsung, ruang makan yang menggunakan kedua warna ini akan membuat penghuninya tidak merasakan kepuasan makan yang maksimal meskipun telah menghabiskan makanan dalam porsi yang banyak.

  1. Kamar Tidur

Inspirasi-warna-dinding-kamar-tidur

Kamar tidur adalah area untuk beristirahat bagi penghuni rumah. Kamar tidur pun sering berfungsi sebagai area privasi seseorang. Di ruangan ini, anggota keluarga bisa melakukan kegiatan pribadinya tanpa takut terganggu atau mengganggu anggota keluarga lain.

Anda bisa mencoba mengombinasikan beberapa warna untuk kamar tidur. Misalnya, biru tua dan abu-abu. Kedua warna ini menciptakan suasana yang teduh dan nyaman sehingga tidur bisa lebih nyenyak. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kombinasi warna hijau dan dan putih. Dalam hal ini, warna hijau menimbulkan kesan segar dan sejuk.

Jika menginginkan suasana yang tenang dan nyaman, pilih saja warna-warna pastel yang tidak mencolok di mata. Contohnya, krem, merah muda, biru langit, abu-abu, dan sebagainya. Namun, hindari warna yang terkesan gelap dan suram seperti hitam. Begitu pula dengan warna merah yang cenderung meningkatkan tekanan darah sehingga tidur menjadi tidak nyaman.

Tips:

Karena kamar tidur adalah area pribadi, tentu Anda bebas menatanya sesuai dengan selera, terlepas dari tema interior rumah secara keseluruhan. Namun, meskipun Anda menyukai warna tertentu, pastikan memilih warna yang tidak menyebabkan Anda kesulitan untuk memejamkan mata.

Kombinasi warna rumah, khususnya pada ruang-ruang tertentu sebaiknya perlu diperhatikan demi kenyamanan seluruh penghuni rumah. Namun, yang lebih penting adalah kesepakatan di antara anggota keluarga sehingga rumah menjadi tempat yang menyenangkan bagi semuanya.

Share This:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email